BERLANGSUNG MERIAH DAN SUKSES

ROLL OUT TINGKAT GUGUS SEKOLAH

GELOMBANG 2

DEVELOPING ACTIVE LEARNING WITH ICT (DALI)


Untuk meningkatkan kompetensi guru di bidang pembelajaran, khususnya pembelajaran berbasis ICT, di Gugus Sekolah 01 Kertosono telah dilaksanakan Roll Out Tingkat Gugus Sekolah Gelombang 2 tentang Pengembangan Pembelajaran Berbasis ICT. Kegiatan ini biasa disebut dengan DALI (Developing Active Learning With ICT), yang telah terlaksana dari tangal 16 s.d. 18 Februari 2010 di PSBG Pangudi Luhur Kertosono-Kabupaten Nganjuk.





Kegiatan seperti ini telah dilaksanakan juga sebelumnya, yaitu Roll Out Tingkat Gugus DALI 2, yang telah dilaksanakan pada tanggal 19—21 Oktober 2009, di PSBG Pangudi Luhur pula.

Kegiatan-kegiatan tersebut sebenarnya merupakan tindak-lanjut dari kegiatan ToT DALI dan One Day Workshop DALI Mentoring & Follow Up Cohort 2, yang dilaksanakan di Hotel ”Grand Surya” Kediri pada tanggal 29 Juni s.d. 2 Juli 2009.


Semua itu merupakan tindak lanjut hasil Nasional ICT Orientation Workshop tanggal 14 sampai dengan 28 Juli 2008 di Klaten Jawa Tengah. Kemudian DBE2 Jawa Timur berkewajiban menyelenggarakan sebuah workshop untuk membentuk agen-agen program transisi pada bidang pemanfaatan ICT dalam pembelajaran aktif. Agen-agen yang terdiri dari MTT 1st , MTT 2nd, dan seorang Guru yang sedikitnya

mempunyai kemampuan dalam bidang ICT, yang nantinya diharapkan mampu melakukan ekspansi kepada para guru di gugus masing-masing, terkait dengan program pembelajaran aktif dengan menggunakan ICT.


Adapun tujuan dari kegiata ini adalah

1) Meningkatkan keterampilan

peserta untuk merancang model pembelajaran aktif dengan menggunakan ICT terbatas,

2) Memberikan keterampilan dasar para peserta dalam mengoperasikan komputer, kamera, handycam dan internet;

3) Membentuk kader /pelatih yang mampu mentransformasi pembelajaran aktif dengan menggunakan ICT kepada rekan-rekan guru lainnya.

(Maz_nar 2010)



date Selasa, 23 Februari 2010

0 komentar to “WARTA LUHUR 6”

Leave a Reply: