TRANSISI PAKET DASAR PAKEM

Di Gugus Sekolah 04 Kertosono - Nganjuk


Melihat keberhasilan pembinaan yang dilakukan oleh DBE 2 di Gugus 01 Kertosono - Nganjuk, maka warga Gugus Sekolah 04, yang juga bertempat di Kertosono, berminat untuk mengadopsi paket layanan DBE 2 tersebut, dalam bentuk kegiatan “ Transisi Paket Dasar PAK


Ketika ditanya mengapa warga gugus 04 menginginkan kegiatan “Transisi” dilaksanakan, Drs. Wasis Djatmiko Ketua Gugus Sekolah 04, menjelaskan: “ untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, guru-guru kami perlu mengembangkan model pembelajaran yang variatif, inovati, dan lebih efektif. Untuk ini diperlukan satu kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan model pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, perlu diselenggarakan.Kegitan Pembinaan guru yang relevan. Dan, layanan DBE 2 kami anggap sangat cocok kami pilih menjadi sebuah alternative.”


Kegiatan “Transisi” itu sendiri diawali dengan pembekalan para fasilitator dan panitia pelaksana selama satu hari, dari pukul 07.00 s.d. 17.00 WIB pada tanggal 05 Mei 2009, yang dipimpin langsung oleh DLC Nganjuk bapak Dr. Kasman Baron dibantu bapak Muchsan Hadi yang merupakan perwakilan dari DBE 2 Jawa Timur. Selanjutnya kegiatan Adaptasi Paket Dasar PAKEM untuk 5 mapel pokok dan pembelajaran tematik dilaksanakan 3 hari berikutnya, mulai dari tanggal 06 s.d. 08 Mei 2009.

Saya merasa puas terhadap layanan DBE 2”, begitu tanggapan Haryadi, S.Pd ketua KKG Gugus 04. “Saya dan teman-teman tidak sekedar mendapat pengetahuan baru, tetapi juga langsung berlatih menerapkan model PAKEM secara langsung. Selain itu, pola “sharing” yang dikenalkan DBE 2 benar-benar cocok bagi para guru yang sebenarnya sudah punya bekal ilmu yang relative lumayan.” Demikian lanjutnya. Dia juga berjanji akan mengembangkan pola kegiatan ini pada pertemuan KKG Reguler di gugus 04. Namun demikian dia juga sangat berharap DBE 2 masih mau men”support” kegiatan semacam ini di gugus 04. Syukur-syukur DBE 2 mau menjadikan Gugus 04 ini menjadi Gugus Binaan DBE pada Kohor selanjutnya.

Pada kesempatan sebelumnya, Bapak Drs. Sujiono, MM – Kepala Bidang Pendidikan TK,SD Dinas DIKPORA Daerah Kabupaten Nganjuk, juga mengatakan bahwa beliau sangat mendukung kegiatan “transisi” ini, dan beliau juga berharap kegiatan semacam ini bisa terus dikembangkan demi peningkatan layanan pendidikan di Kabupaten Nganjuk. “Saya sangat berterimakasih pada DBE 2, dan sangat berharap DBE 2 tidak berhenti sampai di sini saja dalam ikut serta meningkatkan kualitas layanan pendidikan di Kabupaten Nganjuk, demi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.” Begitu salah satu uraian dalam sambutannya.

Upacara penutupan telah dilaksanakan pada pukul 16.30 WIB hari Jum’at, 8 Mei 2009, namun bekasnya masih tertanam di hati dan benak para guru dan Kepala Sekolah di Gugus Sekolah 04 Kertosono. Itu Terbukti sampai beberapa hari pembicaraan tentang kepuasan atas terselenggaranya “transisi” paket dasar PAKEM dari DBE 2 masih terus mengalir, dan aktivitas pembelajaran di kelas terlihat ada perubahan yang signifikan. Apa yang mereka inginkan tercapai, yaitu adanya peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan dan mengaplikasikan model pembelajaran yang variatif, inovatif, dan efektif, yang lebih memberdayakan siswa, yang dapat diterapkan di gugus 04.

Selamat DBE 2, selamat Gugus Sekolah 04 Kertosono. Semoga kita semua dapat menjadi pengemaban amanah yang kuat, baik, dan bijaksana.


date Minggu, 14 Februari 2010

0 komentar to “Warta Luhur 3”

Leave a Reply: